Lingkungan / Environment adalah Energi kita juga


Pertamina dan lingkungan hidup

Kerja keras pertamina sebagai Oil company yang mengexploitasi Energi kita / energi alam ternyata  peduli dengan lingkungan / environment  loh bro,,,,Buktinya telah berhasil memperoleh anugrah PROPER dari pemerintah… ehm…. Btw tahu ngak sih PROPER ini apa…
PROPER merupakan bentuk penghargaan  pemerintah  kepada berbagai pemangku kepentingan yang telah menunjukkan inovasi dan dedikasi  penuh terhadap  pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia. PROPER (Program Pe-nilaian Peringkat Kinerja Perusahaan)….

Pertamina sebagai perusahaan minyak pemerintah, kerja keras berusaha semaksimal mungkin untuk tidak merusak lingkungan / environment di sekitarnya atau paling tidak meminimalisasikan dampak lingkungannya dalam mengexploitasi energi kita yang ada, sehingga bumi tetap hijau 


                                                                    Green environment
Dengan kata kunci Kerja Keras Adalah Energi Kita, mari kita lihat actualisasinya melalui  referensi dari divisi komunikasi.
Tahu ngak bro… Empat anak perusahaan dan unit bisnis Pertamina memperoleh anugerah Proper Hijau dalam Malam Anugerah Ling-kungan Proper 2009 yang diselenggarakan di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Jakarta,  Kamis (15/10).Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang didampingi Menteri Negara Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar.
Anak perusahaan dan unit bisnis Pertamina yang menerima Proper Hijau adalah : Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang,
PT Badak Natural Gas Liquefaction,
Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, dan
Pertamina EP Area Subang Region Jawa.
Selain itu, 25 anak perusahaan dan unit bisnis Pertamina yang beroperasi di berbagai daerah memperoleh Proper peringkat Biru.
Weleh weleh… ternyata pertamina kerja keras juga untuk peduli sama lingkungan kita yah, bukan hanya mengexploitasi energi kita aja bro….

Terus kira kira kriterianya apa yah….. mau tahu ngak bro…..
Kriteria penilaian PROPER  difokuskan kepada penilaian penataan perusahaan dalam aspek pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara, dan pengelolaan limbah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) serta berbagai kewajiban lainnya yang terkait dengan AMDAL.
Sedangkan penilaian untuk aspek beyond complience dilakukan terkait dengan penilaian terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan oleh perusahaan dalam penerapan Sistem Manajeman Lingkungan (SML), Konservasi dan Pemanfaatan Sumber Daya, serta kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) termasuk kegiatan Community Development.
Weleh weleh ngerti ngak neh bro ?? …… makanya kita juga harus kerja keras, mengeluarkan segenap energi kita untuk belajar juga donk.. hehehehhehe

Menurut ,  Undang-undang No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup akan memberikan sanksi yang keras bagi perusahan yang tidak taat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku…  Tapi ngomong ngomong lingkungan tempat kita tinggal gimana neh….. ;-))
Ehm… lingkungan kita kotor dikit ngak papa deh… yang penting niat untuk kerja keras dalam  membersikan lingkungan / environment itu ada.… karena kenyataannya untuk merubah suatu kebiasaan itu susah. Perlu komitmen dari semua untuk menggunakan energi kita agar lingkungan tetap bersih ( paling tidak nanti anak cucu kita yang akan menikmatinya .)
Secara keseluruhan peringkat kinerja 627 perusahaan PROPER 2008-2009 adalah  :
1 perusahaan mendapatkan peringkat Emas,
41 perusahaan peringkat Hijau,
17 perusahaan peringkat Biru,
229 perusahaan peringkat Biru Minus,
82 perusahaan peringkat Merah, 48 perusahaan Merah Minus, dan 56 perusahaan berperingkat Hitam…. Ehm perusahaan yang begini sementara ngak usah kita bahas dulu yah bro…. Hehhehehehehehe
Sedangkan menurut Greenopia... 10 besar perusahaan minyak dunia / Oil company yang ramah lingkungan adalah sebagai berikut :

Rank        Company                  Revenue ( $ )
1.              BP                                365 B
2.              SUNOCO                    44   B
3.              SHELL                         458 B
4.              HESS                           32    B
5.              MARATHON              77    B
6.              EXXON                       477 B
7.              CONOCO PHILIPS    188 B
8.              CHEVRON                  221 B
9.              VALERO                     95   B
10.            CITGO                         32   B

Kapan yah pertamina masuk dalam 10 peringkat dunia perusahaan minyak paling bersih….hehhehehehhe
Jangan kecil hati  dong… Dengan adanya PROPER diharapkan akan mendorong pertamina untuk meningkatan kinerja perusahaan dengan kerja keras dalam pengelolaan lingkungan atau energi kita …guna mencapai peningkatan kualitas lingkungan hidup yang lebih bersih,, syukur syukur di akui dunia juga bro….. melalui kata kunci Kerja Keras Adalah Energi Kita pada kontes ini

No comments:

Post a Comment

Subscribe

Digg